Belajar bahasa Java
Java adalah bahasa pemrograman yang populer.
Java digunakan untuk mengembangkan aplikasi seluler, aplikasi web, aplikasi desktop, game, dan banyak lagi.
Contoh
public class Main {
public static void main(String[] args) {
System.out.println("Hello World");
}
}
Java While Loop
Loop
Loop dapat mengeksekusi blok kode selama kondisi tertentu tercapai.
Loop berguna karena menghemat waktu, mengurangi kesalahan, dan membuat kode lebih mudah dibaca.
Java While Loop
Loop while
loop melalui blok kode selama kondisi yang ditentukan adalah true
:
Sintaks
while (condition) {
// code block to be executed
}
Pada contoh di bawah ini, kode dalam perulangan akan berjalan berulang kali, selama variabel (i) kurang dari 5:
Contoh
int i = 0;
while (i < 5) {
System.out.println(i);
i++;
}
Catatan: Jangan lupa untuk menambah variabel yang digunakan dalam kondisi, jika tidak, perulangan tidak akan pernah berakhir!
Loop Do/While
Loop do/while
adalah varian dari while
loop. Loop ini akan mengeksekusi blok kode satu kali, sebelum memeriksa apakah kondisinya benar, maka loop akan berulang selama kondisinya benar.
Sintaks
do {
// code block to be executed
}
while (condition);
Contoh di bawah ini menggunakan do/while
loop. Loop akan selalu dieksekusi setidaknya sekali, bahkan jika kondisi salah, karena blok kode dieksekusi sebelum kondisi diuji:
Contoh
int i = 0;
do {
System.out.println(i);
i++;
}
while (i < 5);
Catatan: Jangan lupa untuk menambah variabel yang digunakan dalam kondisi tersebut, jika tidak, perulangan tidak akan pernah berakhir!
OOP Java
Java - Apa itu OOP?
OOP adalah singkatan dari Pemrograman Berorientasi Objek .
Pemrograman prosedural adalah tentang menulis prosedur atau metode yang melakukan operasi pada data, sedangkan pemrograman berorientasi objek adalah tentang membuat objek yang berisi data dan metode.
Pemrograman berorientasi objek memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pemrograman prosedural:
- OOP lebih cepat dan lebih mudah dieksekusi
- OOP menyediakan struktur yang jelas untuk program
- OOP membantu menjaga kode Java DRY "Jangan Ulangi Sendiri", dan membuat kode lebih mudah dipelihara, dimodifikasi, dan di-debug
- OOP memungkinkan untuk membuat aplikasi penuh yang dapat digunakan kembali dengan lebih sedikit kode dan waktu pengembangan yang lebih singkat
Tip: Prinsip "Don't Repeat Yourself" adalah tentang mengurangi pengulangan kode. Anda harus mengekstrak kode yang umum untuk aplikasi, dan menempatkannya di satu tempat dan menggunakannya kembali alih-alih mengulanginya.
Java - Apa itu Kelas dan Objek?
Kelas dan objek adalah dua aspek utama dari pemrograman berorientasi objek.
Perhatikan ilustrasi berikut untuk melihat perbedaan antara kelas dan objek:
Kelas
Objek
Pisang
Mangga
Contoh lain:
Kelas
Mobil
Objek
Audi
Toyota
Jadi, kelas adalah templet untuk objek, dan objek adalah turunan dari kelas.
Saat objek individu dibuat, mereka mewarisi semua variabel dan metode dari kelas.
Pengantar Java
Apa itu Java?
Java adalah bahasa pemrograman yang populer, dibuat pada tahun 1995.
Itu dimiliki oleh Oracle, dan lebih dari 3 miliar perangkat menjalankan Java.
Ini digunakan untuk:
- Aplikasi seluler (khususnya aplikasi Android)
- aplikasi desktop
- aplikasi web
- Server web dan server aplikasi
- permainan
- Koneksi basis data
- Dan masih banyak lagi!
Mengapa Menggunakan Java?
- Java bekerja pada platform yang berbeda (Windows, Mac, Linux, Raspberry Pi, dll.)
- Ini adalah salah satu bahasa pemrograman paling populer di dunia
- Ini memiliki permintaan besar di pasar kerja saat ini
- Mudah dipelajari dan mudah digunakan
- Ini open-source dan gratis
- Itu aman, cepat dan kuat
- Ini memiliki dukungan komunitas yang sangat besar (puluhan juta pengembang)
- Java adalah bahasa berorientasi objek yang memberikan struktur yang jelas pada program dan memungkinkan kode untuk digunakan kembali, menurunkan biaya pengembangan
- Karena Java dekat dengan C++ dan C# , memudahkan pemrogram untuk beralih ke Java atau sebaliknya.
Tipe Data Jawa
Seperti yang dijelaskan pada bab sebelumnya, sebuah variabel di Java harus berupa tipe data yang ditentukan:
Contoh
int myNum = 5; // Integer (whole number)
float myFloatNum = 5.99f; // Floating point number
char myLetter = 'D'; // Character
boolean myBool = true; // Boolean
String myText = "Hello"; // String
Tipe data dibagi menjadi dua kelompok:
- Tipe data primitif, Termasuk byte, short, int, long, float, double, boolean, dan char.
- Tipe data non-primitif, seperti
String
, Array dan Kelas (Anda akan mempelajari lebih lanjut tentang ini di bab selanjutnya)
Tipe Data Primitif
Tipe data primitif menentukan ukuran dan tipe nilai variabel, dan tidak memiliki metode tambahan.
Ada delapan tipe data primitif di Java:
Data Type | Size | Description |
---|---|---|
byte | 1 byte | Stores whole numbers from -128 to 127 |
short | 2 bytes | Stores whole numbers from -32,768 to 32,767 |
int | 4 bytes | Stores whole numbers from -2,147,483,648 to 2,147,483,647 |
long | 8 bytes | Stores whole numbers from -9,223,372,036,854,775,808 to 9,223,372,036,854,775,807 |
float | 4 bytes | Stores fractional numbers. Sufficient for storing 6 to 7 decimal digits |
double | 8 bytes | Stores fractional numbers. Sufficient for storing 15 decimal digits |
boolean | 1 bit | Stores true or false values |
char | 2 bytes | Stores a single character/letter or ASCII values |